Cara Menyambungkan Arduino Ke Internet

Kali ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai cara menyambungkan Arduino ke internet dengan memanfaatkan jaringan akses point dari shield. Bagi anda yang belajar Arduino, tentu diwajibkan memahami tentang langkah yang harus anda lakukan agar supaya Arduino bisa tersambung ke internet. Hal ini akan membuat anda bisa melakukan pengiriman data.

Namun sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara menyambungkan Arduino ke internet, anda harus terlebih dahulu menyiapkan bahan-bahan seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Arduino Uno
  • Shield Esp 8266 doit.com, anda bisa mendapatkannya salah satunya melalui Toko Bey dan dijual dengan stok yang terbatas
  • Router Wifi yang sudah terhubung ke internet
  • IP dan juga Port public
cara menyambungkan Arduino ke internet
Bahan Bahan Yang Dibutuhkan

Sekedar informasi bahwa jika anda ingin mendapatkan Ip public, maka yang harus anda lakukan adalah membeli atau menyewa melalui ISP. Namun untuk kali ini kita akan menggunakan IP public secara gratis yang sudah disediakan oleh doit dimana anda bisa mengunjungi tcp.doit.am untuk mendapatkannya. Hal yang tidak jauh berbeda dari Cara menggunakan NodeMCU ESP8266 Dengan Arduino IDE.

Cara menyambungkan Arduino ke internet

1. Mencatat IP Port

Langkah yang harus anda lakukan setelah mendapatkan IP dan port, maka jangan lupa untuk mencatanya agar supaya tidak lupa. Selain itu memang anda dan orang lain akan mendapatkan IP dan port yang berbeda-beda. Maka dari itu kami menyarankan anda untuk mencatat IP dan Port tersebut.

Baca:  Cara Menggunakan Raspberry PI

2. Konfigurasi ESP8266

cara menyambungkan Arduino ke internet
Konfigurasi ESP8266

Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan konfigurasi melalui shield dengan mengunjungi alamat http://192.168.4.1/ dimana sebelumnya anda sudah terhubung dengan DoitWIFI_Config. Pada bagian Station, anda harus mengubahnya menjadi Enable.

Kemudian pada bagian field, jangan lupa mengisi nama akses poin dan password pada bagian AP Name dan juga AP Password.

Dan nanti shield akan berperan sebagai client, dan pada bagian Network Setting, ubah Socket Type menjadi Client. Kemudian anda harus mengatur Remote IP dan juga Remote Port dengan nilai yang sebelumnya sudah anda catat. Kemudian anda klik submit dan tunggu sampai proses restart selesai.

Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap, silahkan baca ini.