Cara Menggunakan ESP8266

Alasan mengapa kami ingin mengulas mengenai cara menggunakan ESP8266 karena memang modul yang satu ini bersifat SOC atau System on Chip berfitur wifi yang bisa anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Selain itu, memang penggunaan ESP8266 sudah tidak asing lagi bagi dunia Internet of Things, salah satunya yakni relay yang dikendalikan dengan menggunakan wifi untuk ON/OFF peralatan rumah tangga.

ESP8266 juga bisa digunakan sebagai access point, baik hanya digunakan sebagai access point maupun ketika anda menggunakan sebagai access point dan sekaligus sebagai client. Maka dari itulah, penting bagi kami mengulas tentang cara menggunakan ESP8266 bagi anda yang saat ini sedang belajar mengenai IOT atau Internet of Things. Namun sebelum itu kami menyarankan anda mendapatkan informasi lainnya tentang Cara Menggunakan HC12 SI4463.

Cara menggunakan ESP8266

Adapun bahan-bahan yang harus anda siapkan pada tutorial kali ini antara lain sebagai berikut:

  • Modul wifi ESP8266
  • Arduino Uno
  • Kabel jumper
  • Dan anda juga bisa menyiapkan mini breadboard (opsional)

1. Pengaturan environtment

Langkah yang harus anda lakukan yakni buka Arduino dan masuk ke File – Preferences. Kemudian anda salin URL “http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json” ke dalam text box “Additional Board Manager URLs.

cara menggunakan ESP8266
Pengaturan environtment

Selanjutnya anda masuk ke Tools – Board Manager, kemudian anda cari sp8266 by ESP8266 Community. Install dan tunggu sampai proses pengunduhan selesai dan proses penginstalan akan bekerja otomatis. Pada tahap ini seharusnya Arduino sudah bisa digunakan untuk memprogram ESP8266. Untuk mengeceknya silahkan masuk ke Tools – Board dan pilih Generic ESP8266 Module.

Baca:  Cara menggunakan Lilypad - 9 cara mudah
cara menggunakan ESP8266
Board Manager

 

2. Pengaturan hello world

cara menggunakan ESP8266
Pengaturan hello world

Untuk membuat sebuah perangkat embedded, maka yang anda butuhkan adalah cara mengedipkan lampu LED. Cara yang harus anda lakukan adalah masuk ke File – Examples – ESP8266 – Blink. Nantinya halaman Arduino anda akan diisi dengan source code program blink.

Kemudian anda harus mengunggah firmware ke dalam ESP-01 yang caranya tidak jauh berbeda dengan ketika anda mengupload program ke Arduino Board pada umumnya. Yang harus anda ingat adalah menggroundkan GPIO0 yang berfungsi mengaktifkan pemograman pada ESP-01. Kami sarankan anda juga membaca tentang Cara menggunakan NodeMCU ESP8266 Dengan Arduino IDE.

Selanjutnya anda klik upload dan tunggu sampai ada tulisan Done Uploading. Kemudian anda cabut modul USB to ESP01 dan kemudian anda tancapkan kembali. Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, silahkan baca ini.