Cara Menggunakan Digispark Pada Arduino IDE

Postingan ini akan menjelaskan mengenai bagaimana cara menggunakan Digispark pada Arduino IDE. Apakah anda sudah tahu tentang definisi Digispark? Digispark merupakan sebuah microcontroller yang berbasis ATtiny 85 yang merupakan keluaran dari Atmel dengan dilengkapi dengan frekuensi maksimum sebesar 20 MHz. Selain itu, Digispark bisa diprogram dengan Arduino IDE seperti halnya board Arduino lainnya.

Bagi anda yang belum tahu, ATtiny 85 hanya dilengkapi dengan 8 kaki pin yang terdiri dari VCC, GND, dan juga Reset dan 5 pin I/O. Dan karena ukurannya yang kecil, maka harga yang harus anda keluarkan untuk mendapatkannya pun relatif murah serta juga bisa anda dapatkan dengan mudah.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai bagaimana cara menggunakan Digispark, namun agar supaya Digispark bisa diprogram menggunakan Arduino IDE, maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan menginstall Board Manager untuk Digispark.

1. Buka aplikasi Arduino IDE

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi Arduino IDE yang terdapat di komputer anda. Kemudian anda masuk ke File – Preferences, atau juga bisa anda menggunakan tombol kombinasi berupa CTRL + Koma atau tanda (,).

Kemudian anda akan masuk ke dalam tampilan jendela preferences. Selanjtunya, anda lihat pada kolom yang bertuliskan Additional Boards Manager URLs, yang harus anda lakukan adalah dengan mengisi teks seperti http://digistump.com/package_digistump_index.json.

Baca:  Cara Menggunakan Raspberry PI

Setelah itu anda masukkan URL ke dalam jendela yang terletak pada bagian kanan kolom dan masukkan pada baris baru sehingga nantinya akan seperti di bawah ini. Jika sudah, maka anda hanya tinggal klik OK.

Cara menggunakan Digispark
Buka aplikasi Arduino IDE

2. Masuk ke Tools

Setalah itu, anda masuk ke menu tools kemudian anda hanya perlu memilih menu Boards Manager yang sudah tersedia pada submenu Board. Setelah anda masuk ke jendela atau tampilannya, maka dropdown Type dan kemudian anda pilih opsi Contributed. Hal ini akan menyebabkan board manager hanya memunculkan board yang memiliki tipe contributed saja.

Langkah selanjutnya yakni anda klik Digistump AVR Board dan selanjutnya mengklik tombol instal yang berada di sebelah kanan bawah. Otomatis nanti Arduino IDE akan mengunduh file-file yang diperlukan untuk bisa mengoperasikan Digespark (jangan lupa harus terkoneksi internet).

Cara menggunakan Digispark
Masuk ke Tools

Setelah proses mendownload dan proses instalasi selesai, maka anda bisa melihat bahwa tedapat laber yang bertuliskan ISTALLED yang ada board manager Digistump.

Adapun bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows, setelah proses intalasi selesai, nanitnya anda akan melihat menu pop-up yang mengharuskan anda untuk menginstal driver. Sementara untuk pengguna windows 8.1 ke atas, kemungkinan pop-up ini tidak akan anda temukan.

Demikian informasi dari kami mengenai bagaimana cara menggunakan Digispark. Selain itu, ada informasi yang tidak kalah penting yang harus anda perhatikan yakni cara menggunakan Arduino dan cara mengguakan pir sensor. Untuk lebih jelasnya silahkan baca ini.