Berbagai Macam Kabel Jumper Yang Harus Anda Ketahui

Pada penjelasan kali ini kami akan mengulas tuntas mengenai berbagai macam kabel jumper yang mungkin banyak dari anda belum mengetahuinya. Namun sebelum itu, alangkah baiknya jika kita membahas terlebih dahulu tentang apa definisi dari kabel jumper.

Kabel jumper merupakan kabel elektrik yang berfungsi untuk menghubungkan antar komponen yang ada di breadboard tanpa harus memerlukan solder. Umumnya memang kabel jumpe sudah dilengkapi dengan pin yang terdapat pada setiap ujungnya. Pin atau konektor yang digunakan untuk menusuk disebut dengan Male Connector, sementara konektor yang ditusuk disebut dengan Female Connector.

Baca: Project Apa Yang Bisa Dibuat Di Arduino Basic Starter Kit

1. Male to Male

berbagai macam kabel jumper
Male to Male

Berbagai macam kabel jumper yang pertama adalah kabel jumper yang disebut dengan Male to Male. Kabel ini paling direkomendasikan untuk membuat project elektronika pada sebuah breadboard. Ketika anda membeli kabel jumper versi ini, maka nantinya anda akan mendapatkan total kabel sebanyak 65 buah.

Sementara untuk warna dari kabel itu sendiri bervariasi, yakni ada yang berwarna hitam, kuning, putih, hijau, merah, dan lain sebagainya. Adapun untuk rata-rata panjang dari kabel Male to Male adalah seperti di bawah ini:

  • Untuk kabel 9,8 inch sepanjang 25 cm
  • Kabel Male to Male 7,7 inch, maka panjangnya 19,5 cm
  • Kabel 5,8 inch memiliki panjang 14,7 cm
  • Dan untuk kabel 4,6 inch memiliki panjang 11,7 cm
Baca:  3 Cara Menyalakan Arduino Yang Bisa Anda Lakukan

2. Female to Female

berbagai macam kabel jumper
Female to Female

Berbagai jenis kabel jumper yang kedua adalah Female to Female. Kabel jumper yang satu ini sangat berguna untuk menghubungkan antar module yang memililki header male yang nantinya akan berperan sebagai outputnya. Adapun panjang dari kabel Female to Female kurang lebih 20 cm dimana nantinya anda akan mendapatkan sebanyak kurang lebih 20 buah.

3. Male to Female

berbagai macam kabel jumper
Male to Female

Untuk jenis kabel yang satu ini disebut dengan Male to Female yang memiliki fungsi sebagai penghubung elektronika pada breadboard. Jenis kabel ini memiliki dua header yang berbeda yang menjadikan jenis kabel jumper yang satu ini disebut dengan kabel jumper Male to Female.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda mendapatkan informasi lainnya dengan mengunjungi situs ini.

Baca: Cara menggunakan Lilypad – 9 cara mudah